Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Analisis SWOT Pada Indomaret

Contoh Analisis SWOT Pada Indomaret

Baru-baru ini PT. Indomarco Prismatama atau yang kita kenal sebagai Indomaret menjadi perbincangan publik. Bukan, bukan soal promosi harga maupun ucapan selamat datang yang kerap disampaikan oleh karyawannya.

Akan tetapi, ini soal penjaga parkir yang kerjaannya cuma diam, lalu dapat uang sejumlah dua ribu rupiah dari konsumen Indomaret setelah berbelanja.

Oleh karena ramai menjadi omongan publik, tentu kalau masalah ini ditarik ke analisis SWOT maka masuk ke salah satu bagian weakness atau kelemahan pada Indomaret. Oleh karena permasalahan itu, saya kemudian tertarik membahas contoh analisis SWOT pada Indomaret secara rinci.

Apa itu Indomaret?

Indomaret adalah anak dari perusahaan Salim Group. Ia didirkan pada 1988. Awalnya, supermarket ini membentuk konsep gerai yang bertempat di dekat hunian konsumen. Namun, seiring berjalannya waktu serta kebutuhan pasar, kini gerainya sudah ada di berbagai kawasan. Mulai dari perumahan, niaga, perkantoran, wisata, hingga apartemen.

Indomaret juga salah satu supermarket ternama yang ada di Indonesia. Hampir di setiap daerah atau kecamatan, pasti ada Indomaret-nya. Wajar bahwa mungkin berbelanja ke supermarket lebih bebas dan menyenangkan saja. Sehingga, konsumen tidak akan pernah redup.

Mari kita analisis semua keunggulan, kekurangan/kelemahan, peluang, dan ancaman usahanya lewat penjelasan di bawah ini.

Contoh analisis SWOT pada Indomaret

Seperti yang pernah dikemukakan melalui blog ini, salah satu tujuan SWOT adalah meninjau sebuah usaha, bisnis, atau perusahaan lewat empat penilaian. Empat-empatnya dikumpulkan berdasar pendapat pribadi (si penulis) dan juga berdasar pada observasi lapangan.

Semua analisis yang saya tulis dikumpulkan dari berbagai referensi sembari menambahkan opini pribadi. So, silakan simak hasilnya.

Strengths atau kekuatan pada Indomaret

  1. Indomaret menjual barang eceran yang harganya bisa lebih murah karena mengambil dari distributor besar
  2. Indomaret sudah go Internasional
  3. Mampu menekan biaya operasional
  4. Lokasi Indomaret sangat strategis
  5. Indomaret adalah aset nasional

Weakness atau kelemahan pada Indomaret

  1. Break EP Indomaret lebih sedikit daripada kompetitornya
  2. Parkir yang tidak terawat dengan baik
  3. Karyawan-nya kadang tidak terlalu baik dalam pelayanannya
  4. Kurangnya promosi
  5. Kurangnya pengamanan
  6. Daya saing produk yang serupa
  7. Ada banyak daerah potensial, namun Indomaret belum membangun cabang
  8. Terjadi perdagangan bebas

Opportunity atau peluang perusahaan Indomaret

  1. Kebutuhan pasar bagus sehingga menjanjikan
  2. Banyaknya kesempatan untuk memperluas cabang
  3. Waralaba perusahaan Indomaret semakin tumbuh

Threats atau ancaman perusahaan Indomaret

  1. Banyaknya minimarket yang menyaingi Indomaret
  2. Kerap terjadinya pencurian barang sehingga merugikan karyawan
  3. Harga jual barang selalu sama dengan franchise lain
  4. Banyaknya peniruan terhadap Indomaret

Sudut pandang SWOT pada Indomaret

SWOT memandang bahwa, meski banyak kelemahan dan ancaman pada Indomaret, tapi supermarket yang satu ini akan tetap ada dan selalu dibutuhkan konsumen.

Alasannya simple, yakni semakin ke sini fungsi Indomaret bukan hanya sekadar berjualan barang makanan-minuman dan lainnya, tapi digunakan juga untuk melakukan banyak pembayaran. Mulai dari anak kecil yang demen main game sampai orangtua membutuhkan Indomaret untuk mengisi saldo gamenya maupun si saldo listrik, dan tentu masih banyak lagi.

Sekalipun banyak “politik” di Indomaret, tapi orang-orang yang ingin kerja di Indomaret juga masih banyak. Mereka berbondong-bondong menunggu info loker dari supermarket ini.

Profile Perusahaan Indomaret

Indomaret termasuk jaringan minimarket yang sudah menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari manusia dengan luas penjualan sekira kurang dari 200 M2. Ia dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, sebuah cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan di toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara.

Tahun 1997, perusahaan ini mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah sebelumnya Indomaret teruji lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret sudah meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003″ dari Presiden Megawati Soekarnoputri.

Hingga Juli tahun 2009 Indomaret mencapai 3531 gerai. Dari total itu, 1998 gerai adalah milik persero/sendiri dan sisanya 1533 gerai waralaba sudah milik masyarakat, yang tersebar di banyak kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogjakarta, Bali, dan Lampung. Di DKI Jakarta sudah terdapat sekitar 488 gerai.

Indomaret kini mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran, dan fasilitas umum sebab penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.

Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan non makanan sudah tersedia dengan harga bersaing, ia memenuhi hampir semua kebutuhan konsumen sehari-hari.

Didukung sama 12 pusat distribusi, ia menggunakan teknologi mutakhir, Indomaret ialah salah satu aset bisnis yang menjanjikan. Keberadaan minimarkter Indomaret sdah diperkuat oleh anak perusahaan di bawah bendera grup INTRACO, yaitu Indogrosir, BSD Plaz;a dan Charmant.

Keuntungan Franchise Minimarket

1. Transformasi dalam Pengetahuan. Bergabung dengan beberapa Indomaret, dn akan banyak diperoleh pengetahuan bisnis terkait toko modern dan sekaligus menempatkan sebagai pelaku bisnis.

2. Potensi Pasar luas. Bantuan survey lokasi Indomaret akan memperkaya wawasan terkait potensi dan strategis, katakan lah tidaknya suatu lokasi.

3. Tidak terlalu full tim. Dukungan sistem pada operasional toko yang sudah terintegrasi, ia membuat para investor tidak perlu lagi terlibat secara full time dalam operasional toko ataupun juga dalam meninggalkan pekerjaan sebelumnya.

4. Peluang usaha Berkembang. Investor juga dapat memiliki lebih dari 1 (satu) unit toko dengan tingkat kesibukan yang sama dan luar biasa dan dapat diatur.

5. Minimalisasi terhadap Risiko. Perencanaannya matang, mulai dari survey lokasi sampai dengan pembukaan pada toko, kecepatan distribusi dan juga kelengkapan barang dagangan, serta adanya dukungan manajemen toko yang solid akan membantu investor ini dalam menekan risiko kerugian.

Barangkali itu saja contoh analisis SWOT pada Indomaret. Semoga informasi ini ada manfaatnya!

Post a Comment for "Contoh Analisis SWOT Pada Indomaret"