Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Analisis SWOT dalam Pembuatan Masker Kain

Masker kain pada umumnya dapat digunakan sebagai pengganti masker medis. Hal ini ditujukan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 di tengah masyarakat. Banyaknya kasus OTG juga menadi hal yang mendasari sosialisasi masker kain corona.  Orang yang tidak memiliki kesadaran bahwa dirinya positif bisa saja menulari orang lain, tanpa sengaja misalnya ketika berinteraksi tanpa mengenakan masker. Satu tetesan droplet cairan saja, ini bisa menyebabkan orang lain terkena Covid-19.  Untuk mengantisipasi kejadian hal tersebut, masyarakat sangat diimbau mengenakan masker ke mana pun pergi, khususnya ke area publik. Namun, manfaat masker kaintersebut, bisa didapatkan selama Anda memenuhi persyaratan untuk mendukung keefektivitasnya.

Penggunaan masker di masa pandemi menjadi sesuatu yang paling krusial sekali. Artinya, masker berperan penting. Semua orang kini sudah merasa menjadi sebuah kewajiban dengan diberlakukannya peraturan dalam penggunaan masker.

Lantas, adakah contoh analisis SWOT dalam pembuatan masker kain? Untuk kemudian diteliti keunggulan serta kelemahannya? Terlebih kekuatan dan juga peluang usahanya?

Jawabannya ada. Sebab, segala bentuk usaha apapun atau pembuatan apapun dapat dianalisis menggunakan alat SWOT. Apalagi masker kain, banyak banget peluang usaha, ancaman usaha, dan kekuatannya. Sehingga, masker jenis ini menarik untuk dikembangkan analisanya.

Mari simak penjelasan kami terhadap jenis masker ini. Uraian lengkapnya dapat Anda simak di bawah ini.

Apa itu masker kain?

Maker kain adalah masker non medis dua lapis yang kerap digunakan sebagai penutup mulut dan juga hidung. Masker ini dapat digunakan berulang kali setelah kita mencucinya.

Ada 3 jenis masker yang wajib kita pahami di antaranya masker kain, masker bedah, dan masker N95. Masker kain diperlukan karena setidaknya ia terdiri dari tiga lapis dengan material berbeda.

Nah, pencegahan utama dari adanya penularan virus corona yakni dengan menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker, dan salah satunya ialah menggunakan masker kain.

Akan tetapi, apakah masker kain terbukti efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona? Sebab, hingga kini, belum diketahui pasti penelitian yang betul-betul menyatakan bahwa masker kain berfungsi baik.

Yang jelas, tujuan dari penggunaan masker sendiri sebanarnya untuk mencegah infeksi penularan virus dari orang lain. Sehingga, masker katakan lah melindungi dari serangan virus corona tersebut.

Ada yang bertanya lewat situs Brainly, katanya bahan apa yang digunakan untuk membuat masker kain? Adalah terbuat dari bahan paling populer, yaitu katun.

Dan menurut Dokter Gustavo Ferrer, seorang dokter ahli paru, bahan katun adalah salah satu bahan yang paling terbaik untuk tujuan pencegahan virus corona.

Contoh analisis SWOT dalam pembuatan masker kain

Strengths atau kekuatan masker kain

  1. Kelebihan masker kain yang paling pertama adalah ia mampu menahan droplet/air percikan batuk atau percikan bersin
  2. Keunggulan masker ini dari harganya terbilang terjangkau dan dia dapat dicuci berulang kali
  3. Selain bahan masker kain ini mudah didapatkan, masker kain pun sangat bermanfaat untuk mencegah penyebaran virus Corona

Weakness atau kelemahan masker kain

  1. Maker ini tidak direkomendasikan untuk petugas meedis
  2. Harga masker kain tidak semahal masker N95
  3. Menganggu kenyamanan pernapasan
  4. Tidak seefektif masker N95 dalam mencegah virus

Opportunity atau peluang usaha masker kain

  1. Di masa pandemi sekarang, kebutuhan terhadap masker kain meningkat tajam
  2. Adanya pandemi COVID19 membuat permintaan masker naik drastis
  3. Adanya himbauan dari pemernintah untuk mewajibkan menggunakan masker ketika keluar rumah. Ini menjadi peluang untuk menjalankan bisnis masker

Thretats atau ancaman usaha pada masker kain

  1. Masih banyak masyarakat yang tidak peduli akan pentingnya pengunaan masker kain
  2. Ada banyak pengusaha yang menjual masker kain dengan harga yang sangat murah
  3. Adanya pemberian gratis masker kain. Sehingga, usaha ini sudah tidak layak dijalankan

Tinjauan SWOT terhadap pembuatan masker kain

Penggunaan masker kain corona masih terus menjadi pembahasan sampai saat ini. Di Indonesia sendiri, masyarakat umum diimbau untuk menggunakan masker kain ketika beraktivitas di luar rumah atau di luar ruangan. Sedangkan jenis masker medis sendiri, sangat diprioritaskan bagi pasien corona dan juga petugas kesehatan, terutama bagi mereka yang merawat pasien corona.

CDC lebih dulu mengeluarkan semacam panduan untuk penggunaan masker kain corona bagi warga setempat. Namun, di sisi lain, WHO menyatakan bahwa penggunaan masker kain corona oleh orang sehat belum punya bukti yang kuat dan memadai dalam keterkaitannya dengan pencegahan penyakit Covid-19.

Mengenali manfaat masker kain 

Masker kain pada umumnya dapat digunakan sebagai pengganti masker medis. Hal ini ditujukan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 di tengah masyarakat. Banyaknya kasus OTG juga menadi hal yang mendasari sosialisasi masker kain corona.

Orang yang tidak memiliki kesadaran bahwa dirinya positif bisa saja menulari orang lain, tanpa sengaja misalnya ketika berinteraksi tanpa mengenakan masker. Satu tetesan droplet cairan saja, ini bisa menyebabkan orang lain terkena Covid-19.

Untuk mengantisipasi kejadian hal tersebut, masyarakat sangat diimbau mengenakan masker ke mana pun pergi, khususnya ke area publik. Namun, manfaat masker kaintersebut, bisa didapatkan selama Anda memenuhi persyaratan untuk mendukung keefektivitasnya.

Manfaat lainnya:


Anda Tidak Usah Menggunakan Make Up maupun Bercukur

Anda barangkali sedang tidak ingin bercukur pada hari ini. Apalagi kalau Anda sudah menumbuhkan bulu janggut panjang selama masa WFh. Nah tidak ada alasan bagi Anda untuk mencukurnya hari ini.

Dan bagi Anda para wanita, Anda barangkali dapat menggunakan masker kain untuk bepergian tanpa perlu menggunakan makeup yang tebal dengan nyaman. Anda tidak usah juga memerlukan lipstik, blush on, dan makeup lain yang secara berlebihan jika Anda keluar rumah di saat seperti ini. Selain, Anda wajib menggunakan masker sehingga dapat dengan lebih nyaman ketika Anda keluar rumah tanpa menggunakan makeup.

Tidak Perlu Khawatir Jika Punya Penyakit Kulit Wajah

Penggunaan masker kini dapat secara efisien dan juga efektif untuk menutupi setiap masalah yang sedang kalian miliki pada kulit wajah. Anda tak perlu menghabiskan waktu untuk menutupi masalah, seperti jerawat kecil di wajah Anda dengan makeup jika Anda sudah menggunakan masker kain.

Memiliki Banyak Desain Yang Unik

Barangkali pada awalnya sulit sekali mendapatkan masker. Dan dulu kita hanya ingin menggunakan masker yang digunakan para perawat dan dokter. Tetapi, saat ini, kita dapat dengan gampang sekali menggunakan dan menemukan beragam macam masker kain dengan desain yang unik dan menarik. Banyak toko online yang kini menjual masker dengan variasi desain dan harga yang murah.

-

Barangkali itulah contoh analisis SWOT dalam pembuatan masker kain. Semoga artikel ini dapat menjawab tugas Anda.

Post a Comment for "Contoh Analisis SWOT dalam Pembuatan Masker Kain"