Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Analisis SWOT Perusahaan Sepatu

Contoh Analisis SWOT Perusahaan Sepatu- Dengan memahami contoh analisis SWOT usaha sepatu maka anda bisa membuat analisis swot sendiri dengan cara yang sangat tepat. 

Analisis SWOT Perusahaan Sepatu

Perlu diketahui bahwa analisis Swot mempunyai alasan karena ketepatan dalam analisis yang satu ini tentu sangat berguna sebagai strategi bisnis terbaik. 

Apa saja contoh analisis SWOT perusahaan sepatu?

1.      Analisis SWOT

Seperti yang telah kita ketahui bahwa analisis swot sendiri adalah analisis yang biasa dipakai untuk menilai tentang suatu usaha layak dilanjutkan atau tidak. dengan analisis yang satu ini anda bisa mengetahui manfaat usaha yang Anda jalankan selama ini dan strategi bisnis yang harus diperbaharui.

Apa itu usaha, itu adalah salah satu hal yang seringkali ditanyakan oleh banyak orang sebab tak banyak orang paham pengertian dari Apa itu usaha. Apa itu usaha adalah salah satu bentuk dan keinginan untuk berubah yang dilengkapi dengan strategi bisnis atau memahami contoh analisis word usaha.

Seringkali analisis SWOT dijadikan sebagai alat studi kelayakan lantaran di dalamnya Anda bisa mempertimbangkan banyak hal seperti kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan didapat. Dari segi kekuatan tentunya Anda harus menuliskan apa saja yang menjadi kelebihan produk

Anda juga harus menjelaskan tentang kelebihan produk sepatu yang ada jalankan dari berbagai segi seperti pemasaran, manajemen secara umum, proses pembuatan, yang mana penjelasan itu harus didapat dari sepatu itu sendiri. Perlu digarisbawahi bahwa pendapat ini harus orisinil.

Terdapat juga kelemahan atau bisa disebut dengan weakness yang biasanya ada pada bagian dan menjadi alasan pelanggan tidak akan membeli atau mungkin tidak tertarik dengan produk Anda. Bisa juga anda isi dengan hal yang mengurangi kepuasan pelanggan dari sisi pelayanan yang Anda beri.

Karena analisis swot adalah strategi bisnis maka anda juga harus mempertimbangkan opportunities atau peluang. Peluang yang satu ini bisa anda isi dengan proyeksi di masa mendatang dari produk yang telah anda jual tentu saja memang harus berdasar pertimbangan tiga komponen lainnya.

Anda juga harus mempertimbangkan peluang ini dari kelemahan dan ancaman yang akan Anda dapat terhadap usaha tersebut. Sedangkan yang terakhir adalah ancaman maka anda bisa menuliskan poin yang mungkin mengancam stabilitas dan juga keberlangsungan usaha yang anda miliki.

Ancaman yang satu ini harus dituliskan biasanya datang dari faktor eksternal atau hal yang asalnya memang dari luar bisnis. Bisa jadi tentang usaha yang tengah Anda geluti pada hari ini. Anda bisa memahami contoh analisis word usaha yang harus anda lakukan dengan menyimak dengan benar.

2.      Contoh Analisis SWOT Usaha Sepatu Nike

Contoh analisis SWOT usaha yang bisa anda jadikan referensi adalah contoh analisis usaha sepatu pertama yakni sepatu Nike. Brand yang satu ini tentunya sangat identik dengan mereka yang menyukai olahraga walau sebenarnya mempunyai berbagai jenis produk salah satunya sepatu.

Tentunya ada analisis swot untuk sepatu yang satu ini bisa anda simak sebagai strategi bisnis yang memadai dan pemerolehan manfaat usaha yang sesuai dengan ekspektasi. Apa itu usaha itu adalah hal yang seringkali di ditanyakan oleh banyak orang ketika ingin memulai bisnis.

Analisis SWOT usaha sepatu Nike dimulai dengan kekuatan atau biasa disebut dengan strength. Sepatu Nike dikenal mempunyai ACC teknologi yang merupakan langkah inovatif dari naik yang sengaja dibuat untuk menghadapi musim hujan dan musim semi sehingga lebih tajam lama.

Sepatu yang satu ini juga memakai teknologi green speed yang menjadikan sepatu Nike ramah lingkungan. Tak hanya itu saja karena sepatu yang satu ini sangat ringan juga tahan lama. Produk dari nike ini juga mendahulukan kenyamanan para penggunanya.

Adapun jika ditinjau dari weakness atau kekurangan maka jelas mempunyai kekurangan. Sepatu yang satu ini mempunyai harga relatif mahal ditambah lagi popularitas naik yang masih belum setinggi pesaing lainnya. Dilengkapi dengan desain yang monoton sehingga pengguna merasa bosan.

Adapun opportunity yang dimiliki oleh produk yang satu ini adalah diminati pelanggan karena kenyamanan dan keawetan dari sepatu. Sepatu yang satu ini juga telah mendapat simpati dari aktivis ramah lingkungan dan penggunaan teknologi nya juga belum banyak digunakan brand sepatu lain.

Terdapat juga threat atau ancaman yang dihadapi oleh produk yang satu ini yakni produk KW yang bertebaran dimana-mana sehingga produk ini mudah ditiru oleh para penyedia sepatu. Pelanggan juga mulai bosan karena desain sepatu ini cenderung monoton dan kompetitor memberi harga murah.

Apakah sepatu Adidas juga mempunyai analisis SWOT?

3.      Analisis SWOT Usaha Sepatu Adidas

Analisis swot selanjutnya adalah contoh analisis SWOT usaha sepatu Adidas yang merupakan strategi bisnis terbaik karena menuai manfaat usaha yang sangat besar. Saingan yang satu ini adalah saingan dari sepatu Nike pasalnya di toko sepatu Anda bisa menemukan 2 brand ini.

Produk sepatu Nike dan Adidas hampir mempunyai kesamaan dari segi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Dari segi kekuatan atau strength adalah harga lebih terjangkau dan lebih murah jika dibandingkan dengan produk sejenis dari kompetitor.

Produk yang satu ini juga mempunyai desain lebih kreatif dan telah masuk pasar internasional produk sepatu lebih dahulu ketimbang banyak produk sepatu lainnya dari kompetitor. Sehingga hal tersebut disebut juga dengan kekuatan yang dimiliki oleh sepatu yang satu ini.

Selanjutnya adalah kelemahan atau biasa disebut dengan weakness, kelemahan dari produk yang satu ini tentu belum mempunyai teknologi seperti pendatang baru dalam produk sepatu lainnya. Produk yang satu ini lebih mengutamakan desain ketimbang kenyamanan pengguna.

Juga mempunyai tingkat perkembangannya jauh lebih lambat ketimbang pesaing lainnya. Namun hal tersebut tetap menuai peluang atau biasa disebut dengan opportunity. Produk sepatu yang satu ini dinilai sebagai desain yang inovatif dan juga kreatif serta sangat menarik bagi para pelanggannya

Itulah mengapa produk yang satu ini menjadi brand sepatu terlama yang memasuki dan menguasai pasar sepatu. Juga telah diminati oleh generasi milenial dan generasi setelahnya karena tertarik dengan desain inovatif yang dimiliki.

Adapun ancaman atau treats yang akan didapat adalah kompetitor produk sepatu sejenis telah menerapkan teknologi mutakhir pada produknya. Tak hanya itu saja karena terdapat juga kompetitor yang memberi nilai tambah pada kenyamanan para penggunanya.

Hal tersebut juga berdampak sebab berubahnya selera masyarakat dari anggapan bahwa sepatu harus modis menjadi anggapan bahwa sepatu harus nyaman ketika digunakan dan lebih mengutamakan fungsinya. Untuk itu merek sepatu yang satu ini lebih lambat ketimbang perkembangan kompetitor lain.

Seperti yang kita ketahui bahwa ketika anda ingin mengetahui apa itu usaha maka anda juga harus terjun ke dalamnya. Ketika anda terjun ke dalamnya tentunya anda akan mendapat manfaat usaha yang memadai sesuai dengan strategi bisnis yang telah anda rencanakan.

Untuk itu Anda bisa menilai produk yang Anda jual dengan melakukan analisis swot usaha. analisis SWOT usaha tidak bisa dilakukan begitu saja sebab Anda juga harus melihat contoh analisis suatu usaha yang dimiliki oleh produk-produk lainnya. 

Post a Comment for "Contoh Analisis SWOT Perusahaan Sepatu"