Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Google Adwords? Temukan Keuntungan dan Kelebihannya!

apa itu Google Adwords
apa itu Google Adwords


Pastinya kamu penasaran dengan apa itu Google Adwords? dan bagaimana cara kerjanya? Google adalah mesin pencari yang memiliki  pengguna terbanyak di dunia, dengan menawarkan banyak keistimewaan google dapat menarik hati para penggunanya. 

 Tahukah Kamu bahwa google juga menawarkan product periklanan untuk wahana pemasaran? Google menawarkan product periklanan baru yaitu Google Ads yang dulu adalah Google Adwords. Yang mana Google Ads sampai saat ini masih menjadi pemasukan utama Google dibagian Periklanan.

Apa itu Google Adwords? Temukan Keuntungan dan Kelebihannya!

  Lalu apa itu Google Adwords? Google Ads adalah product Periklanan yang di tawarkan oleh Google untuk iklan product atau layanan di Google. Google Ads atau Iklan Google merupakan salah satu taktik pemasaran yang menggunakan Google untuk wahana beriklan yang biasa di kenal sebagai Search Engine Marketing. 

 Taktik Google Ads merupakan platform Periklanan Google yang mana pengiklan menargetkan kata kunci (Keyword) eksklusif sehingga iklan yang dapat di klik muncul di posisi teratas di hasil pencarian google. 

Misalnya saja Kamu menargetkan kata kunci “Cuci Sofa” pada Iklan Google setelah di setting untuk penayangan nantinya iklan akan muncul saat orang melacak berita dengan memasukkan kata kunci tersebut di hasil pencarian Google.

Apa Itu Google Ads?

Google Ads atau kerap disebut juga Search Engine Marketing (Sem) adalah alat pemasaran online berupa sistem iklan yang disediakan oleh Google. Google Advertising ini bisa amat mungkin kamu untuk pasang sasaran calon customer berdasarkan keyword (Kata kunci), topik, waktu dan tentunya lokasi. Kamu juga bisa memasang iklan tanpa khawatir karena tinggal menyesuaikan dengan berapa budget pemasaran yang kamu miliki.

Manfaat Google Ads

1. Trafik Akan Mencapai Sasaran dan Lebih Baik

Google Ads mengenakan perhitungan PPC (Pay per Click) untuk menghitung biaya iklan Kamu dan dana beriklan Kamu akan otomatis dikonversi ke pengunjung menurut harga kliknya. Contohnya, Kamu beriklan dengan dana 50 ribu rupiah per hari dan tarif klik seribu rupiah per klik. Maka Kamu akan meraih lebih kurang 50 klik per pengunjung yang dihitung dari 50 ribu dibagi seribu.

2. Mendapatkan Pengunjung Sesuai dengan Target Bisnis Kamu

Google ads akan menampilkan iklan kami menurut kata kunci yang dibidik. Contohnya, jika Kamu mempunyai bisnis rental mobil dan Kamu membidik sasaran kata kunci ‘Rental mobil murah di Jakarta’, maka visitor yang masuk ke website. 

 Kamu melalui Google Ads adalah mereka yang melaksanakan pencarian disesuaikan dengan kata kunci yang Kamu bidik. Jadi iklan Kamu nanti tidak akan dimunculkan di kata kunci yang tidak disesuaikan dengan yang udah Kamu bidik, supaya pengunjung tentu bisa tertarget disesuaikan bisnis Kamu.

3. Reputasi Web Meningkat Disesuaikan SEO

Optimasi SEO biasa dijalankan dengan menarget kata kunci eksklusif, jadi jika Kamu melakukannya maka tak perlu khawatir SEO Kamu akan rusak ketika memasang iklan melalui Google Ads. Justru beriklan di Google Ads akan menguntungkan Kamu karena pencarian kata kunci yang banyak dicari untuk optimasi SEO tersebut nantinya akan diinput oleh Google.

4. Tingkatkan Brand Awareness

Dengan menggunakan Google Ads otomatis akan mengangkat Brand Awareness kamu, ketika pengunjung melacak kata kunci (Keyword) yang kamu targetkan di Google ads, maka Brand Perbisnisn akan langsung terlihat di mesin penelusuran.

Berikut Keuntungan dan Kekurangan Layanan Google Adwords

Keistimewaan Google Adwords

1. Web site Kamu Langsung Naik Ke Halaman Pertama
Berbeda dengan SEO organik, yang dimana kami harus benar-benar memikirkan dengan betul optimisasi kata kunci, kemudian merancang elemen-elemen lainnya yang masih mempunyai keterkaitan dengan Seo.

Lebih-lebih ketika Kamu mendapatkan keyword tepat, Kamu harus menanti beberapa waktu agar terindex dan masuk peringkat bagus. Untuk Google Adwords, Kamu tidak perlu laksanakan banyak hal dan mengeluarkan banyak tenaga dan waktu karena secara otomatis situ Kamu akan masuk ke halaman pertama Google Search. Sangat mudah bukan? 

Di dalam waktu singkat saja dan tidak perlu tunggu index dan juga tidak akan berhubungan dengan algoritma Google.
2. Langsung Muncul dengan Kata Kunci
Kamu menggunakan keyword ‘Sewa mobil’ , ‘Rental mobil’ atau ‘Sewa mobil klungkung’. Nantinya setiap orang yang mengklik kata kunci tersebut maka konten Kamu akan langsung muncul. Pemanfaatan kata kunci inilah yang menjadi kamulan Google Adwords.
3. Pengiklanan Bisa Lokal Maupun Dunia
Seperti halnya pengiklanan Facebook, ternyata Google Adwords juga dapat diatur untuk pengiklanan secara lokal maupun dunia. Jadi Kamu bisa memilih wilayah mana saja yang akan dimunculkan oleh iklan Kamu, baik negara, provinsi, kota, atau jeda tempuh yang ditentukan dari lokasi bisnis Kamu. Pengiklanan yang cerdas, tepat , tertarget dan amat mungkin mendapat pelanggan potensial.
4. Biaya Pendaftaran Gratis Tidak Dikenakan Biaya Sepeser Pun
Di dalam website formal Google untuk pengulasan Adwords dikatakan bahwa registrasi untuk Google Adwords sepenuhnya tidak dikenakan biaya. Pengguna hanya akan membayar saat ada seseorang yang mengeklik iklan untuk mengunjungi web site situs Kamu, atau saat ada yang menghubungi Kamu. Jadi intinya pembayaran hanya dikerjakan ketika iklan Kamu berhasil menjangkau orang lain.

Kekurangan Google Adwords

1. Terdapat Keterangan pada Iklan

Web site yang menggunakan layanan Google Adwords pasti dibedakan kemunculannya di Pencarian Google. Memang akan masuk peringkat Pertama,Kedua atau Ketiga, dihalaman pertama, tetapi terlihat keterangan tulisan ‘Iklan’ yang menunjukan bahwa website kami naik bukan karena SEO. 

 Yang notabennya banyak pengguna Google yang suka memilah-milah untuk masuk ke halaman eksklusif, dan enggan masuk ke halaman yang memuat iklanan. Alangkah lebih baiknya jika keterangan iklan di hilangkan.

2. Harga Masih Cukup Mahal

Biaya Adwords masih terbilang cukup mahal, lebih-lebih menurut berita angin yang beredar di Eropa dan Amerika layanan Google Adwords mempekerjakan beberapa Adwords Qualified Individual dan jarang sekali yang terima klien dengan anggaran untuk layanan dibawah USD 1000. 

 Berbeda di Indonesia yang masih fleksibel didalam anggaran Google Adwords. Meski begitu tetap saja dirasa masih mahal bagi Ukm, karena per kliknya berkisar antara Rp 500 – Rp 1000 , meskipun begitu untuk bulan pada akhirnya nominal per klik bisa dikurangi seminim kemungkinan.

3. Pembayaran

Seperti biasa, untuk layanan semacam ini tentu Kamu sudah bisa menebak bahwa platform pembayarannya tentu melalui kartu kredit. Dan masalahnya tidak seluruh orang memiliki kartu kredit, inilah yang membuat banyak orang agak enggan menggunakan layanan semacam ini. 

 Tapi alternatifnya Kamu bisa menggunakan jasa pengiklan dari pihak lain. Jasa semacam ini biasanya menawarkan paket dan memudahkan didalam segi pembiayaan, dan juga Kamu akan dibantu didalam efektivitas pengiklanan. 

 Nah, itulah beberapa penjelasan yang membahas tentang apa itu google adwords dengan menggunakan google adwords kamu bisa menawarkan berbagai produk sekian pemaparan dari saya terima kasih.

Post a Comment for "Apa itu Google Adwords? Temukan Keuntungan dan Kelebihannya!"